Terima kasih atas kunjungan anda semoga mendapat inspirasi dan pengalaman baru "!

metro

Sehat dengan Makanan Sehat yang Sebaiknya Anda Tahu

Pada era modern sekarang ini, beragam makanan bermunculan, berbagai junkfood bertebaran di segala sudut kota. Tahukah anda bahwa terlalu banyak mengkonsumsi junk food akan sangat merugikan kesehatan anda? Mengkonsumsi Junk Food berlebihan dapat meningkatkan kemungkinan terjangkitnya kanker. Kesehatan itu mahal harganya kawaan! So, lebih baik mencegah kan dari pada mengobati?^^

Jangan pernah melupakan konsep dasar makanan yaitu 4 sehat 5 sempurna, karena itu kunci untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Jika tubuh sehat, sudah tentu kita tidak akan sulit untuk beraktifitas bukan?

Empat Sehat Lima Sempurna adalah terdiri dari berbagai unsur makanan yang biasa dimakan orang setiap hari, yaitu :

1. Makanan Pokokpyramid
Makanan utama berfungsi sebagai sumber tenaga bagi tubuh untuk dapat mampu malakukan aktifitas sehari-hari. Contohnya seperti nasi, jagung, oat, kentang, gandum / tepung terigu, serta umbi-umbian lainnya.

Jadi jangan pernah mengenyampingkan makanan pokok ini. Seringkali para wanita menghindari memakan makanan pokok ini dan lebih memilih untuk mengemil makanan ringan dengan alasan takut gemuk. Padahal yaaa…. dengan mengkonsumsi cemilan yang notabene tidak mengenyangkan tersebut, seringnya mengkonsumsi cemilan yang tidak jelas dari mana asal dan kandungannya tersebut justru memiliki kadar lemak lebih besar dibandingkan dengan mengkonsumsi sepiring nasi. So, hindari terlalu banyak ngemil dan makanlah yang teratur 3x sehari! (jangan berlebihan tentunya!^^)

2. Lauk-Pauk
Lauk pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pembangun pada tubuh. Misalnya yaitu tempe, tahu, telur, daging, ikan, dan lain-lain.

Daripada terlalu sering mengkonsumsi junk food yang rata2 berbumbu tepung tersebut, lebih baik mengolah bahan-bahan seperti yang tersebut diatas menjadi makanan yang supeerrr enaak!! Indonesia kaya akan rempah-rempah bukan? Jadi kenapa kita harus terlalu membanggakan masakan luar negeri, yang biasanya justru lebih hambar rasanya. Banyak resep2 enak dan sangat gampang dibuat untuk mengolah bahan-bahan makanan tersebut. Yaahh, mungkin di post slanjutnya akan saya tampilkan beberapa resep mudah dan hemat dalam mengolah makanan, terutama buat anak2 kos dengan aktivitas segudang! Dengan memasak jadi hemat bukan? hehehee….^^

3. Sayur-Mayur
Sayur-sayuran pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Contoh : Kangkung, bayam, terong, tomat, cabe, kacang panjang, kol gepeng, labu siapyramidm, dan lain sebagainya.

Vegetables?? OOWwww!!! I hate vegetables!!! hohooo…. But, its different since 2 years ago!!^^ Setelah saya merasakan menjadi anak kos2an, dan saya merasakan mulai butuh menata diri untuk makan-makanan sehat alias sayur mayur yang sejak dulu saya hindari. Well, makan sayur ternyata sama sekali tidak seburuk yang saya pikirkan! Justru menambah warna dari menu makanan yang saya makan. Coba deh jangan membayangkan sayur seperti makanan yang wajib anda makan, tapi bayangkanlah sayur seperti lauk yang sudah biasa anda makan… bener deh, itu yang ngebantu saya biar bisa makan sayur sampai sekarang… dan JUJUR niihh… It has a great TasTe!! So, don’t be afraid it can be ruin ur menu!^^

4. Buah
Mirip dengan sayur mayur, buah-buahan pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Contohnya yakni apel, manggis, markisa, kesemek, salak pondoh, duren, dan lain sebagainya.

Saya suka semua buaah! terutama mangga dan anggur. Banyak-banyaklah mengkonsumsi buah. Karena banyak kegunaannya untuk kesehatan kulit dan kelancaran metabolisme tubuh.

5. Susu
Susu sebagai pelengkap di mana tidak ada kewajiban atau keharusan kita untuk mengkonsumsi atau meminumnya. Namun tidak ada salahnya jika kita minum susu setelah makan, karena mengandung berbagai macam kandungan zat yang berguna dan baik bagi tubuh kita.

Banyak makanan yang sebenarnya sangat bermanfaat untuk Anda namun terlupakan begitu saja. Atau memang Anda tinggalkan karena berbagai alasan. Coba deh mulai sekarang lebih rajin mengonsumsi makanan-makanan ini:

1. Bit Merah
Sehat karena: Sayuran yang satu ini merupakan sumber folat dan betaine yang sangat baik. Dua nutrisi tersebut bekerja sama untuk menurunkan tekanan darah pada homocysteine, yaitu zat yang dapat merusak arteri dan meningkatkan resiko penyakit jantung.
Baik dimakan: Segar, bukan dari toples acar. Memanaskan bit merah justru akan menurunkan kandungan antioksidannya. Sertakan bit merah dalam sajian salad Anda. Tambahkan dengan satu sendok makan minyak zaitun dan sari setengah buah lemon.

2. Kol
Sehat karena: satu cup kol iris mengandung 22 kalori dan banyak nutrisi. Salah satunya adalah sulforaphane, zat yang meningkatkan produksi enzim tubuh untuk mengurangi resiko penyakit kanker.
Baik dimakan: Sertakan kol pada sajian burger Anda

3. Jambu Batu / Jambu Klutuk
Sehat karena: mengandung lycopene konsentrasi tinggi, yaitu antioksidan yang mencegah kanker prostat (juga terdapat pada tomat dan semangka). Pada tiap cup jambu terdapat hampir 9 gram serat dan 688 miligram potasium (63% persen lebih banyak dari yang terkandung dalam pisang ukuran sedang). Beberapa riset walaupun belum sah, juga menunjukkan bahwa Jambu Batu bisa membantu penderita diabetes untuk mengurangi kadar gula dalam darah.
Baik dimakan: dari ujung kulit sampai bijinya – semuanya bernutrisi. Kulit-nya sendiri mengandung vitamin C lebih banyak dari yang terkandung pada daging jeruk.

4. Swiss Chard
Sehat karena: setengah mangkuk Swiss Chard yang sudah dimasak mengandung banyak sekali lutein dan zeaxanthin. Menurut riset Harvard, kedua zat ini melindungi retina mata Anda dari penuaan. Swiss Chard adalah sayuran hijau yang tumbuh dari sejenis bit, yang masih satu keluarga dengan bayam.
Baik dimakan: bersama steak atau ayam panggang. Cuci dan tiriskan seikat Swiss Chard, lalu potong-potong daun dan batangnya sepanjang 1-inci. Panaskan sesendok makan minyak zaitun dalam wajan, dan tumis dua bawang putih yang telah dipeprek. Ketika minyak telah sedikit berasap, masukkan Swiss Chard-nya. Tumis selama 5-7 menit hingga daunnya layu dan batangnya melembut. Pisahkan bawang putihnya dan sajikan the chard dengan garam dan lada. Sayuran yang agak pahit ini asal mulanya banyak dipakai untuk masakan mediterania.

5. Kayu manis
Sehat karena: membantu Anda mengontrol tingkat gula darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Para periset dari USDA menemukan fakta bahwa penderita diabetes tipe-2 yang mengonsumsi 1 gram kayu manis tiap harinya selama 6 minggu, secara signifikan menurunkan tidak hanya tingkat gula darah, namun juga kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.
Baik dimakan: taburkan saja di atas kopi atau oatmeal Anda

6. Purslane
Sehat karena: sayuran yang paling banyak mengandung omega-3, asam lemak yang bila dikonsumsi bisa mengurangi resiko penyakit jantung koroner. Sejenis tanaman rambat ini bisa menjadi sumber omega-3 untuk vegetarian, karena asam lemak ini biasanya terdapat di ikan. Periset dari University of Texas, San Antonio juga menyebutkan bahwa Purslane mengandung 10-20 kali melatonin lebih banyak dari sayuran atau buah-buahan lainnya. Melatonin adalah antioksidan yang dapat mencegah pertumbuhan kanker. Di Yunani, Purslane sering digunakan untuk menyembuhkan konstipasi atau infeksi saluran kencing.
Baik dimakan: bersama salad atau dimasak bersama sup.

7. Jus Delima Merah
Sehat karena: tiap 4 ons-nya mengandung 50% dari kebutuhan harian Vitamin C Anda. Ilmuwan dari Israel juga menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 2 ons Jus Delima Merah tiap hari selama setahun berhasil menurunkankan tekanan darah hingga 21% dan memperlancar aliran darah ke jantung.
Baik diminum: Satu gelas penuh tiap harinya.

8. Goji berri
Sehat karena: gula yang membuat goji berries manis mengurangi penolakan insulin – kekurangan insulin tubuh, faktor penyebab diabetes melitus tipe 2. Buah dari suku terong-terongan ini memang sudah menjadi bagian dari obat-obatan tradisional di China sejak 4800 tahun yang lalu, dan sekarang sudah dikenal di dunia sebagai ’superfruit’ karena kandungan nutrisi dan antioksidan yang tinggi.
Baik dimakan: campurkan goji berri segar dan yang sudah dikeringkan dalam satu cup yoghurt plain. Taburkan pada oatmeal atau sereal dingin. Atau cukup digado saja.

9. Plum Kering
Sehat karena: Buah Plum mengandung banyak asam neochlorogenic dan chlorogenic, yaitu antioksidan yang dapat melawan super radikal bebas. Radikal berbahaya ini menyebabkan kerusakan struktur pada sel tubuh, di mana kerusakan tersebut dipercaya merupakan penyebab kanker yang utama.
Baik dimakan: sebagai pembuka. Bungkus buah plum dengan daging ham yang sudah diiris tipis dan tusukkan tusuk gigi agar bungkus tak terbuka. Panggang di suhu 200°C (selama 10-15 menit hingga buah plum melembut dan ham menjadi garing.

10. Biji labu
Sehat karena: Mengkonsumsi biji labu adalah cara paling mudah untuk mendapatkan magnesium lebih banyak. Ini penting karena periset Perancis akhir-akhir ini menemukan bahwa mereka dengan tingkat magnesium tinggi pada darahnya memiliki resiko kematian 40% lebih rendah .
Baik dimakan: dalam keadaan utuh, beserta kulitnya (pada kulit terdapat serat ekstra). Biji labu yang telah dibakar mengandung 150 mg magnesium per ons; masukkan pada resep diet Anda.

Ternyata banyak kan makanan-makanan yang sangat berguna bagi kesehatan anda? Sebenarnya makanan-makanan tersebut tidak harus selalu anda konsumsi. Anda cukup mengatur pola makan sehat dan tetap memperhatikan 4 sehat 5 sempurna. Juga, hindari terlalu banyak jajan diluar seperti gorengan atau sejenisnya, karena sumber dari segala sumber penyakit dapat berasal dari sana.^^

sumber : dimari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar