Terima kasih atas kunjungan anda semoga mendapat inspirasi dan pengalaman baru "!

metro

Menyiasati Anak Susah Makan

@http://hantyonero.blogspot.com
Berikut beberapa tips untuk menghadapi si kecil yang susah makan tanpa harus memarahi atau dipaksa yang justru akan berakibat buruk :

1. Ciptakan suasana menyenangkan, jadi si anak merasa makan juga menyenangkan, jangan dipaksa karena akan semakin sulit makan.

2. Siapa yang memberi makan juga berpengaruh. Bila yang memberi makan orang yang ditakuti, yang sering memaksa dan memarahi, maka anak akan merasa bahwa makan adalah hal yang menakutkan.

3. Pemikiran anak berbeda dengan orang tua. Bila anak merasa makan tidak enak, pasti tidak mau memakannya, sekalipun penuh gizi dan nutrisi. Sebisa mungkin berilah makanan yang menurut anak enak (makanan yang disukainya). Tak harus mahal, tempe dan tahu bisa sangat bermanfaat bagi perkembangan tubuh dan otak anak.

4. Bentuk dan tampilan makanan ketika disajikan buatlah menarik perhatian si anak. Dalam hal ini dituntut kreatifitas sang ibu, selain bentuk dan penyajian makanan, keragaman menu makanan dapat menghindari kebosanan anak.

5. Sebaiknya kita memberi contoh dengan mengkonsumsi makanan yang sama dengan lahap. Karena anak cenderung meniru. Tak akan gunanya memaksa anak makan sayur, sedang orang tuanya tidak makan sayur.

6. Bila mengajak anak makan di restoran, pililah restoran yang memberi menu cukup sehat. makan di restoran juga baik digunakan unuk mengajar anak berperilaku baik saat makan.

7. Kendalikan jajanan anak, diperlukan ketegasan orang tua. Karena bila anak terbiasa makan jajanan, maka anak selalu mencari jajanan.

8. Jangan memberi susu terlalu banyak. berilah susu dengan takaran yang sama namun dengan air yang lebih sedikit.

9. Dapat menggunakan vitamin tambahan untuk melengkapi nutrisi anak. Selain membantu memperbaiki nafsu makan, juga meningkatkan perkembangan tubuh dan otak anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar