Terima kasih atas kunjungan anda semoga mendapat inspirasi dan pengalaman baru "!

metro

Apa sih Surat AlFatehah?

Naah ternyata gan, tujuh ayat dalam al-fatihah itu mengandung tujuh kebiasaan yang kudu kita budayakan sebagai muslim!!

Emang ga tertulis secara langsung (tersurat), tapi kalo kita dalami, kebiasaan2 nih tersirat dalam ayat2 ntuh…

Nih penjelasannya:






Spoiler for Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang:






Ucapan bismillah gan, ini yang sering disepelekan atau bahkan dilupakan sama kita2 sekarang(termasuk ane). Cuma dibaca pas mau baca Quran aja… Padahal ini kebiasaan penting gan! Rasul kita tercinta Muhammad SAW selalu mencontohkan membaca bismillah setiap memulai aktivitas (kalo zaman sekarang termasuk ngaskus) kecuali beol sama pipis gan.

Ini ga main2! Sebuah penelitian menunjukkan kalo kita memulai sesuatu dengan ucapan bismillah di mulut dan hati, otak dan hati kita akan menghasilkan gelombang namanya FQ99 yang selalu menjaga kita agar tidak terusik melakukan sesuatu yang buruk selama pekerjaan kita itu. Yang ngantor bakalan ga terusik buat korup, yang maen sepakbola ga terusik buat maen curang, yang ngaskus juga ga terusik buat liat trit2 BB++








Spoiler for Segala puji hanya bagi Allah, tuhan seru sekalian alam:






Ini kebiasaan selalu bersyukur atas segala nikmat. Agan2 tau kan kalo Allah itu sayaaang banget sama kita2 gan. Seburuk buruknya keadaan agan sekarang, agan masih diberi nikmat hidup, penglihatan, dan jari2 yang bisa bergerak sehingga detik ini masih bisa ngaskus yang selalu memberi ilmu, hiburan, dan kebahagiaan bagi agan.

Tuh gan, Allah sayang banget sama kita kan? Tapi udah dikasih banyak gitu, kita tambah sering nglupain Dia gan (lagi2 termasuk ane), makanya mulai sekarang budayakan ucapan dan apresiasi syukur dan terima kasih sama Dia gan…… agan sendiri kalo suka ngasih mulu tapi orang yang dikasih datar2 aja pasti marah kan? Tapi kalo yang dikasih minimal bilang terima kasih dengan ikhlas, pasti itu mbuat agan seneng…..







Spoiler for Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang:






Positif thingking, selalu berpikir yang baik2 tentang Allah. Liat daftar Asmaul husna deh gan! Pasti sifat Rahman sama Rahim mesti ditaruh paling depan. Ini bukti bahwa Allah selalu mengedepankan sifat Pengasih dan PenyayangNya untuk hamba2Nya. Hal buruk apapun yang sedang menimpa agan sekarang, Allah pasti punya rencana yang indah di depan, yang dibutuhkan hanya “agan harus percaya sama Dia”!! “Aku sesuai prasangka hambaKu” itu janji Allah dalam hadits qudsi..








Spoiler for Yang menguasai hari pembalasan:





Dalam sehari, berapa kali agan inget sama “Mati”? ini kebudayaan yang harus dibudidayakan gan!! Inget kampung akhirat!! Bahkan bukan setiap hari, kalo bisa setiap detik gan (susah ya.. emang gaaan). Agan udah yakin masuk surga dalam keadaan sekarang? Dah yakin lolos dari neraka? Gimana kalo agan habis ini mati?? Sumpah gan!! Neraka itu ngeri banget, buseet daah!! Sekejam apapun hukuman dan kekerasan yang agan liat di dunia, itu belom ada seujung kukunya siksaan di neraka!! Sumpah pisan gan, surga itu asik banget… agan “mbayangin” hidup paling enak kaya apa juga tuh belom ada seujung kukunya nikmat sorga…










Spoiler for Hanya kepadaMu kami menyembah dan hanya kepadaMu kami mohon pertolongan:





Apa tujuan hidup agan? Kaya? Punya istri cantik/suami ganteng? Sukses karirnya? Kalo semua itu udah dapet agan mau ngapain? Bingung? Jelas gaan!! Itu cuma kebahagiaan semu…. Kitab suci kita tercinta Al-Quran sudah memberi tahu cara memperoleh kebahagiaan hakiki. Ibadah dan Berdoa padaNya gan!! Cuma dengan cara itu hati kita mencapai kebahagiaan yang didambakan oleh setiap agan2. Kenapa harus dengan cara itu?


Andaikata palu bisa ngomong, dia pasti lebih bahagia kalo dipake buat malu, bukan buat nyetrika baju, karena emang untuk tujuan itu palu dibuat. Cangkul juga pasti lebih bahagia kalo dia dipake buat nyangkul, bukan buat sendok sayur, karena memang buat nyangkul sebuah cangkul diciptakan. Manusia juga gitu gan!! Apa tujuan manusia diciptakan? “dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah padaKu” Adz Dzariyat :56







Spoiler for Tunjukkan pada kami jalan yang lurus:






Selalu konsisten dalam komitmen. Hidup ini penuh liku2 gan! Setuju atau ga semua tujuan hidup kita sama, cuma satu gan! Mati! Namun yang membedakan adalah jalan mana yang kita tempuh dan apa yang kita lakukan selama perjalanan. Akan lebih mudah menempuh jalan serumit apapun kalo agan punya peta, atau penunjuk jalan. Agan tahu kan peta sama penunjuk jalannya apaan? AlQuran gaan!! Dan kalo sudah punya peta, ya konsisten ikuti jalannya gaan!! Ga usah plin-plan ngacir kesana-sini yang ujung-ujungnya nyasar. Teguh sama jalan yang udah agan yakini bener dan terus maju sesuai penunjuk jalan. Habis nyasar masih untung kalo bisa balik ke jalan yang bener. kalo ga, nyaho baru tahu rasa tuh!!







Spoiler for (Yaitu) jalan orang2 yang telah engkau beri nikmat pada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat:








Dan yang terakhir… bercermin gaan!! Bercermin pada “jalan orang2 yang telah Engkau beri nikmat”. Bercermin pada orang lain gan, jadikan dia panutan dan patokan dalam instropeksi. Kalo agan melihat diri agan pada satu cermin pasti yang terlihat cuma satu sisi aja, makanya buat melihat diri agan secara keseluruhan yang agan butuhkan adalah banyak cermin gan! Banyak orang baik yang bisa agan jadikan cerminan atau panutan agan.

Yang terpenting, jangan bercermin pada cermin yang rusak. Bohong tuh kalo ada yang bilang cermin ga bisa bohong! Kalo cerminnya retak? Muka agan yang ganteng/cantik jadi ikut2an pecah, kalo cerminnya cembung ato cekung, heh muka agan tambah peot. Maksudnya jangan jadikan orang2 ga bener sebagai panutan agan!! Bercermin pada orang2 baik gan!! Sebaik2 cermin kita sebagai muslim untuk panutan dan patokan instropeksi adalah rasul kita tercinta Muhammad SAW, setuju ga gan??











Gimana??

Masih ada yang berani bilang, “Al Fatehah tu apaan sih? Ga penting banget tuh surat!!”

Subhanallah gaan….

Ternyata emang bener Allah itu menurunkan AlQuran sebagai petunjuk bagi seluruh manusia,

Di samping perintah2 yang nyata2 tertulis kayak perintah puasa, sadaqah, dsb

Ternyata masih ada makna2 tersembunyi yang lain…..

Makna “tujuh yang diulang2” tuh ternyata ga cuman pas shalat aja gan


Tapi setiap detik kehidupan kita

Kita masih mbahas tujuh ayat di awal2 gan, kalo seluruh AlQuran dibahas gimana yaa… wuih…



Tidak ada komentar:

Posting Komentar